Senin, 02 November 2009

HOT WHEELS STORY


   Hot Wheels adalah mainan mobil berbahan metal (die cast) yang diproduksi oleh sebuah perusahaan produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga saat ini  memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang ternyata telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun 1970’an. Hot Wheels pertama kali diperkenalkan pada 7 September 1968. Awalnya, die cast model mobil dan truk yang diproduksi adalah berskala 1:64. Namun seiring waktu, pada tahun 1970 oleh Gran Toros diperkenalkan produk baru dengan skala 1:43 dimana model yang ditawarkan lebih beragam dan lebih terperinci sehingga semakin disukai oleh para kolektor.

Model replika seperti formula 1, NASCAR, custom hot rod serta model muscle memang banyak disukai oleh para penggemar atau kolektor mainan ini. Sudah lebih dari 10.000 model Hot Wheels yang dibuat sampai saat ini.


   Pada awalnya, produk Hot Wheels dari Mattels Inc,. ini merupakan saingan dari produk mainan seperti Johnny Lightning dan Matchbox. Sampai akhirnya pada tahun 1996, Matchbox diambil alih hak merknya oleh Mattel Inc,. dari perusahaan Tyco sehingga pada saat ini Mattel Inc,. hampir menguasai semua produk die cast yang ada di dunia. untuk logo Hot Wheels sendiri merupakan rancangan dari seorang seniman California yang bernama Rick Iron yang pada saat itu bekerja untuk Mattel Inc,.
   Dalam membuat modelnya, Mattel Inc,. melalui divisi Hot Wheels-nya, banyak bekerja sama dengan produsen mobil sungguhan, seperti General Motor, Ford Motor Company, Chysler Motors, Ferari, Mazda, Toyota dan lain lain. Mereka memberi lisensi dan wewenang kepada Hot Wheels dalam membuat model die cast-nya. Hal ini sudah dilakukan Mattel Inc,. saat awal-awal produksi yaitu sekitar tahun 1967 melalui Divisi Hot Wheels-nya yang pada saat itu di ketua oleh Larry Wood.
   Sedangkan untuk di Indonesia, Hot Wheels mulai masuk pada tahun 2002, dimana peluncurannya pada saat itu disemarakkan dengan trek permainan terpanjang se Asia (200 meter), dan rekornya diakui oleh MURI. Bahkan sejak tahun 2002 pula, telah berdiri beberapa perkumpulan kolektor Hot Wheels Indonesia yang mana salah satunya bernama Pusat Ngumpulnya Diecaster atau sering di sebut PND.
   Untuk saat ini, produksi yang dikeluarkan oleh Hot Wheels buakn hanya model die cast mobil saja, tapi mereka juga memproduksi die cast model pesawat, motor, kereta api, RR Rumble, aksesoris, re-chargeable mobil listrik, film tentang Hot Wheels dan bahkan mereka juga membuat game tentang Hot Wheels untuk permainan konsole. Jadi, untuk saat ini sudah banyak produk yang dihasilkan Hot Wheels selain produk die cast.
   Memang, mainan ini asyik untuk dimainkan apalagi bila ditambah dengan aksesoris-aksesoris yang ada. Dan yang pasti, ini juga memberi keasyikan tersendiri bagi kolektor mainan ini karena disamping keasyikan tersendiri saat "hunting" karena beberapa dari produk ini dibuat terbatas juga "nilainya" yang juga terkadang memberi kepuasan tersendiri saat memilikinya atau saat produk yang dimilikinya merupakan produk langka dimana harganya pasti akan berkali lipat dari harga aslinya saat dijual nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar